Airlangga Hartarto Bocorkan Perintah Jokowi Jangan Takut AI

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Artificial Intelligence jadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan dia ikut memberikan pesan pada perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Pesan tersebut disampaikan Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto yang ditemui beberapa waktu lalu. Dia menyebutkan Jokowi berpesan untuk tak takut dengan teknologi canggih itu.

“Presiden mengatakan nggak perlu takut dengan AI,” kata Airlangga, ditemui di Jakarta, beberapa saat lalu.

Dia menambahkan pemerintah juga memberikan perhatian khusus pada teknologi yang sangat populer setahun terakhir itu. Yakni untuk bisa dimanfaatkan secara bertanggung jawab.

Sejumlah negara juga memberikan perhatian pada keberadaan AI. Pengaturan diperlukan agar tidak bertabrakan dengan kepentingan negara, publik, hingga pribadi.

“AI tidak boleh bertentangan dengan nasional interest, AI tidak boleh bertentangan dengan privat interest atau individual interest,” ungkapnya.

Airlangga menegaskan kehadiran AI harus sesuai dengan persaingan yang sehat. Negara-negara di Asean juga telah menyiapkan Digital Economy Framework Agreement (DEFA) di bawah kepemimpinan Indonesia.

DEFA akan diisi dengan sejumlah target digitalisasi ekonomi. Yakni mulai dari sektor manufaktur ke hilirnya terintegrasi dengan manufaktur dan service.

Menurut Airlangga, ekosistem digital sendiri membutuhkan sinergi dan kolaborasi. Pada akhirnya, semua pihak dapat merasakan percepatan infrastruktur digital.

“Ekosistem digital menuntut sinergi dan kolaborasi yang sesuai dengan pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat merasakan percepatan infrastruktur digital,” pungkasnya. https://gorenganpedas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*