Pusing di RI Kebanyakan Kartu, Ganjar Tawarkan KTP Sakti!

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sakti menjadi salah satu program andalan Pasangan Calon Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo dan Wakil Mahfud MD. Ini akan memudahkan masyarakat ke depan, baik untuk mendapatkan jaminan pendidikan, kesehatan hingga usaha.

“Kalau satu data Indonesia itu sudah bagus, maka sebenarnya berbasis satu data bisa dipakai untuk apapun. Sehingga jaminan yg selama ini ada, dengan berbagai identitas satu persatu bisa satukan dalam satu KTP,” kata Ganjar, dikutip Selasa (26/12/2023)

Program KTP Sakti ini bakal menyatukan berbagai program bansos yang sudah ada, seperti subsidi pendidikan, meliputi Program Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah.

Subsidi keluarga miskin, Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Sembako Murah, Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Subsidi usaha produktif Kartu Tani, Pupuk, Solar Nelayan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro dan UMKM.

Ganjar menuturkan, kebijakan ini membutuhkan pembenahan data yang besar serta pengelolaan menggunakan sistem canggih. Dana bantuan akan langsung ditransfer pemerintah kepada penerima melalui rekening perbankan.

“KTP Sakti bisa representasikan semua tinggal pendataan dihimpun dengan baik pengelolaan dengan sistem yang baik dan konsep ini sebenarnya awal dari KTP elektronik,” terang Ganjar.

KTP Sakti juga turut mengatasi persoalan salah sasaran dari program perlindungan sosial sebelumnya. “Masyarakat lebih mudah untuk menggunakan identitas tunggalnya,” pungkasnya. https://tampansamping.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*