Pemilu 2024: Anies, Prabowo, dan Ganjar bertarung meraup suara NU di Madura: ’Kalau ada perintah kiai, saya siap ubah pilihan saya’

santri
Keterangan gambar,Foto ilustrasi rombongan santri.

Siapakah calon presiden yang akan dipilih masyarakat berlatar Nahdlatul Ulama (NU) di Pulau Madura? Sulit menjawabnya, kata pengamat. Kubu Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo harus bertarung ketat karena polarisasi yang tajam di antara ratusan pesantren dan sosok para kiai karismatik.

Ainul Yaqin, 22 tahun, rajin memelototi debat calon presiden dan wakilnya di layar kaca selama berpekan-pekan. Hasilnya? Ainul kini sudah bulat untuk mencoblos calon idamannya — dia menyebut namanya, tentu saja.

“Saya terkesan,” ujarnya, saat ditanya, kenapa dia memilih sang calon. Namun demikian, Ainul bakal mengubah pilihannya jika kiai atau pimpinan pesantren tempatnya menimba ilmu, memiliki pandangan lain.

“Semisal dari pesantren itu ada [pemerintah memilih calon tertentu], ada kemungkinan berubah. Karena lebih ikut guru [kiai],” kata Ainul, kepada wartawan Mustofa yang melaporkan untuk BBC News Indonesia, Minggu (11/02). https://brewokkiri.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*