Indonesia Ramaikan Pameran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Internasional di China

Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun di acara The 11th China Science Technology City International High-Tech Expo yang diadakan di Kota Mianyang, Provinsi Sichuan, China. (Foto: KBRI Beijing)
Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun di acara The 11th China Science Technology City International High-Tech Expo yang diadakan di Kota Mianyang, Provinsi Sichuan, China. (Foto: KBRI Beijing)

RM.id  Rakyat Merdeka – The 11th China Science & Technology City International High-Tech Expo memilih Indonesia sebagai tamu kehormatan dalam acara yang diadakan di Kota Mianyang, Provinsi Sichuan, China, yang digelar pada 22-26 November 2023.

Keputusan ini merupakan undangan Pemerintah Kota Mianyang, Provinsi Sichuan, kepada Pemerintah Indonesia.

Dengan tema pameran “Lead by Science and Technology—Innovation, Transformation, Opening-up and Cooperation”, Indonesia ditunjuk menjadi guest country of honor dalam rangka memperingati 10 tahun kerja sama komprehensif strategis Indonesia-China.

“Melalui paviliun Indonesia, masyarakat China dapat melihat capaian inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia,” ujar Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/11/2023).

Dubes Djauhari menjelaskan ada lima prioritas yang ingin Indonesia fokuskan dalam bidang ristek yaitu ekonomi hijau, ekonomi maritim, ekonomi digital, kesehatan, serta pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain bidang IPTEK, pengunjung pameran juga dapat menikmati produk-produk ekspor makanan dan minuman unggulan Indonesia yang telah mamasuki pasar di China di Paviliun Indonesia Shopping Festival antara lain sarang burung walet, kopi, wafer, biskuit, santan instant, minuman air kelapa, dan lainnya.

Dubes Djauhari Oratmangun (keempat kanan) di acara Paviliun Indonesia Shopping Festival di kota Mianyang, Sinchuan, China. (Foto: Dok. KBRI Beijing)

Selain menampilkan produk ekspor unggulan, paviliun Indonesia juga hadir dengan promosi budaya Indonesia.

Dalam acara pembukaan pavilion, penampilan tarian Enggang yang ditampilkan oleh Sanggar Tari Yingde Rainbow Thousand Island disambut meriah oleh pengunjung pavilion.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Djauhari juga turut membuka the 11th China (Mianyang) Science & Technology City International High-Tech Expo bersama petinggi politik, kementerian dan perwakilan kamar dagang China di Sichuan.

Pada Rabu siang (22/11/2023), Delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melakukan pertemuan bilateral dengan Anggota Komite CPC Provinsi Sichuan dan Sekjen CPC Kota Mianyang, Cao Lijun.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (ketiga kanan) saat melakukan pertemuan bilateral dengan Anggota Komite CPC Provinsi Sichuan dan Sekjen CPC kota Mianyang Cao Lijun, Rabu siang (22/11/2023). (Foto: Dok. KBRI Beijing)

Pada kesempatan tersebut dibahas potensi kerja sama antara Indonesia-China khususnya Provinsi Sichuan dibidang IPTEK.

“Untuk melanjutkan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan, Indonesia mengusung 6 agenda yang diharapkan dapat berkolaborasi dengan Sichuan yaitu industrialisasi, interkoneksi, digitalisasi, dekarbonisasi (transisi energi), distribusi/pemerataan ekonomi, dan pendidikan,” ujar Menkes Budi.

Selain pameran capaian di bidang IPTEK serta produk-produk ekspor unggulan, Indonesia juga memamerkan foto-foto keindahan alam dan kebudayaan Indonesia dalam Indonesia Nature and Cultural Photography Exhibition yang diselenggarakan di Museum Mianyang pada 21 November 2023 – 21 Februari 2024.

“Terdapat 80 buah fotografi keindahan alam dan budaya Indonesia yang dipamerkan khususnya Bali dan lima destinasi super prioritas Indonesia yaitu, Danau Toba, Borobudur, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo,” ujar Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I (Asia Pasifik), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif R. Wisnu Shindutrisno saat membuka pameran fotografi.

Dalam bidang pariwisata, berdasarkan data BPS hingga September, jumlah wisatawan dari RRT yang berkunjung ke Indonesia mencapai 556.535 wisatawan.

Hal ini telah melebihi target yang ditetapkan untuk tahun 2023 sebesar 365.000 wisatawan China.

Hal ini juga menjadikan wisatawan China menduduki peringkat keempat dari sisi jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia setelah Malaysia, Australia, dan Singapura.

Sementara dalam bidang perdagangan dan investasi, China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia.

Pada Januari – September 2023, berdasarkan data kepabeanan China (China Custom), total nilai perdagangan kedua negara mencapai 103,21 miliar dolar AS.

Sedangkan investasi RRT ke Indonesia pada periode yang sama, sesuai rilis Kementerian Investasi/BKPM, mencapai 5,6 miliar dolar AS.https://roketgubuk.com/wp-admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*